Categories
News

Ratusan Rakyat Mura Laksanakan Deklarasi Pilkada Damai 2018

Spread the love

OPINI KALTENG – Dalam rangka mengawal Pilkada Damai di Tana Malai Tolung Lingu Kabupaten Murung Raya Tahun 2018, maka dilakukannya Gerakan Partisipatif Rakyat Murung Raya untuk bersama-sama melaksanakan Deklarasi Damai yang terhimpun dalam Aliansi Masyarakat Cinta Pilkada Damai yang di pelopori oleh Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Murung Raya di Halaman Tugu Mura Emas, Puruk Cahu. (Jum’at, 13 April 2018).

Ketua Pemuda/KNPI Murung Raya Bakti Yusuf Irwandi, SP yang juga merupakan Mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Palangka Raya selaku Koordinator Deklarasi menyampaikan ke awak media bahwa kegiatan ini dari, oleh dan untuk Masyarakat Murung Raya karena kesadaran mereka sendiri agar pesta demokrasi dalam Pilkada Murung Raya yang akan berlangsung beberapa bulan lagi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya konflik.

Sebelum menyampaikan deklarasi pernyataan sikap Koordinator Deklarasi Bakti dengan semangat menyuarakan yel-yel dengan tegas, ucapnya NKRI di jawab rakyat Harga Mati, ucapnya lagi Pilkada di jawab rakyat Damai dan terakhir ucapnya Pancasila di jawab rakyat Rumah Kita.

Adapun beberapa poin deklarasi pernyataan sikap Aliansi Masyarakat Cinta Pilkada Damai ialah pertama mendukung Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 yang damai dan Kondusif melalui pelaksanaan pilkada yang junur, adil dan transparan.

Kedua menolak segala bentuk berita Hoax dan tindakan kekerasan serta intoleransi dalam rangka menjaga situasi yang kondosif di Kalimantan Tengah Pada Pelaksanaan Pilkada Tahun 2018. Ketiga berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama dan menghindari issue SARA yang bisa menimbulkan disintegrasi bangsa khususnya di wilayah Kalimantan Tengah dan Bangsa Indonesia Pada Umumnya. Keempat meminta kepada unsur Penyelenggara Pemilu menjalankan tahpan pemilu sesui peraturan perundang-undangan yang berlaku secara profesional dan proporsional serta netral tanpa memihak salah satu pasangan calon.

Dilanjutkan lagi dengan pembacaan bersama-sama yang berbunyi Kami Masyarakat Kalimantan Tengah, dengan ini menyatakan menolak Hoax dan mendukung Pilkada Damai Tahun 2018, Hoax No… !! Pilkada Damai Yesss…!!

Ditambahkan Nandra Saputra, SE Wakil Ketua Pemuda/KNPI Murung Raya yang juga merupakan Mantan Sekretaris Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Muara Teweh Kabupaten Barito Utara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mengsukseskan pelaksaan Pilkada Tahun 2018 di Provinsi Kalimantan Tengah terkhususnya di Kabupaten Murung Raya, bahwa rakyat menginginkan pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan secara demokratis, jujur dan adil tanpa diskrimatif dan intervensi.

Setelah kegiatan deklarasi selesai maka di lanjutkan oleh seluruh rakyat yang hadir untuk membagikan stiker dengan isi tulisan “Saya Indonesia, Saya Anti HOAX” #IndonesiaDamai yang di bagikan kepada kendaraan baik roda dua maupun roda empat di seputaran Bundaran Emas, Puruk Cahu dan hadir juga dalam kegiatan tersebut Izharudin, S.Fil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Murung Raya tutup Bakti.

By debuyandi

Blogger Kalteng (2010) www.bloggerkalteng.id , Web Design (2016), Content Creator (2017), Design Grafis (2017), Video Editing (2018), dynMedia, CEO PT. Media Opini Kalteng, Menggeluti ilmu Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsyiyyah, Komunikasi dan Penyiaran Islam | Aktivis Sosial, Pegiat Media Sosial, Pegiat Komunitas Blogger Kalteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *