Categories
News

MUSDA KNPI Mura setelah MUSPROV KNPI Kalteng

Spread the love

OPINI KALTENG – Mengingat bahwa tahun 2018 Kepengurusan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Murung Raya Periode 2015-2018 akan berakhir dan sebelum waktunya tiba sudah ada pertanyaan dari beberapa Tokoh Pemuda maupun Organisasi Kepemudaan (OKP) kapan akan di laksanakannya Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke-V Pemuda/KNPI Kabupaten Murung Raya Tahun 2018 ini, Senin (19/03/2018).

Ketua KNPI Mura Bakti Yusuf Irwandi, SP cepat merespon hal tersebut dan melakukan koordinasi dengan jajaran KNPI Prov. Kalteng membahas pelaksaan MUSDA Pemuda/KNPI Murung Raya Tahun 2018 di Kota Puruk Cahu Kota Emas Kabupaten Murung Raya, sekaligus meminta hasil verifikasi OKP pada tingkatan Prov. Kalteng yang berhimpun di KNPI Kalteng untuk dapat di implementasikan saat sebelum pelakaan MUSDA nantinya sehingga di harapkan adanya gerakan partisipatif OKP yang berhimpun di KNPI Mura untuk bersama-sama mengsukseskan Pesta Demokrasi Pemuda pada saat MUSDA nanti.

Aan Nurhasan Sekretaris KNPI Kalteng mengapresiasi atas respon cepat Ketua KNPI Mura terkait pelaksaan MUSDA dan terkait dengan hasil verifikasi OKP tingkat Kalteng dalam waktu dekat ini akan di sampaikan ke KNPI Kota/Kab se Kalteng dan di harapkan agar dapat melakukan hal yang sama sebelum pelaksaan MUSDA di daerah masing-masing agar OKP yang berhimpun di KNPI dapat terdata dengan baik yang berdasarkan legalitas OKP tersebut dan sekaligus menegaskan bahwa ada standar serta aturan baku OKP yang berhimpun di KNPI siapa saja sehingga tidak akan terjadi seperti ada di beberapa daerah bahwa ada OKP yang tidak berhimpun di KNPI bisa menjadi peserta penuh dalam MUSDA, maka atas dasar verifikasi yang di lakukan KNPI Kalteng tidak akan terulang lagi.

Di tempat terpisah Wakil Ketua KNPI Kalteng Rahmad Handoko yang menangani Bidang Organisasi terutama soal MUSDA dan mengatakan bahwa KNPI Kalteng akan menyampaikan ke KNPI Kota/Kab Se Kalteng bahwa tidak akan ada MUSDA KNPI Kota/Kab sebelum Musyawarah Provinsi (MUSPROV) Ke-XIV Pemuda/KNPI Kalteng artinya pelaksanaan MUSDA bisa di lakukan setelah pelaksaan MUSPROV yang akan dilaksanakan beberapa bulan ini dan menjadi tanggungjawab kepengurusan yang baru setelah dilantik menjadi Defenitif DPD KNPI Prov. Kalteng Periode 2018-2021 dan kesimpulannya bahwa pelaksanaan MUSDA bisa dilakukan akhir tahun antara bulan Oktober-Desember 2018.

Bakti menambahkan bahwa agenda kerja KNPI Mura tahun ini ialah fokus untuk membentuk KNPI di 10 Kecamatan se Kabupaten Murung Raya dan setelah terbentuknya KNPI Kecamatan barulah mempersiapkan MUSDA Ke-V Pemuda/KNPI Kab. Murung Raya Tahun 2018 dan hal inipun juga sudah di sampaikan ke Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Mura Rahmanto Muhidin, SH, I, MH yang hadir juga saat itu Muslim Mualim Ketua DPD KNPI Kab. Murung Raya yang Pertama dan mereka bersepakat akan hal tersebut.

Di sampaikan Rahmanto yang merupakan Anggota DPRD Mura, dia akan mendukung agenda kegiatan KNPI Mura dan akan siap terlibat jika di butuhkan, dan saya akan memperjuangkan pada Anggaran Perubahan 2018 agar KNPI Mura mendapatkan dana hibah untuk pelaksaan MUSDA karena KNPI ini sangat penting untuk pembinaan SDM Pemuda Murung Raya yang nantinya pasti akan menjadi pemimpin di Kabupaten Murung Raya ini.

Ketua KNPI Mura juga sudah melakukan komunikasi akan rencana kegiatan KNPI kepada Drs. Darmaji, SE Plt. Bupati Murung Raya yang merupakan Ketua Dewan Pembina KNPI Mura dan beliau menyambut baik koordinasi yang di sampaikan Bakti dan pesannya bahwa kalian pengurus sudah memulai dengan baik pada awal kepengurusan maka juga selesaikan dengan baik pada akhir kepengurusan sehingga regenerasi kepengurusan yang baru dapat berjalan dengan baik, saya juga mengapresiasi atas pengabdian saudara Bakti atas kerja keras dan karya nyatanya dalam membina Pemuda Murung Raya agar dapat menjadi calon-calon pemimpin yang akan datang, dan selesaikan apa yang sudah menjadi pilihanmu, tutup darmaji ketika menerima koordinasi dari Ketua KNPI Mura.

By debuyandi

Blogger Kalteng (2010) www.bloggerkalteng.id , Web Design (2016), Content Creator (2017), Design Grafis (2017), Video Editing (2018), dynMedia, CEO PT. Media Opini Kalteng, Menggeluti ilmu Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsyiyyah, Komunikasi dan Penyiaran Islam | Aktivis Sosial, Pegiat Media Sosial, Pegiat Komunitas Blogger Kalteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *